Home > Pengalaman Ausbildung di Jerman, Salah Satu Alternatif Selain Kuliah

ausbildung-di-jerman
©unknown / Unsplash

Pengalaman Ausbildung di Jerman, Salah Satu Alternatif Selain Kuliah

Di Jerman ada satu sistem sekolah yang lain daripada yang lain. Satu cara untuk mengenal profesi impianmu: Ausbildung di Jerman.

Kalau di Indonesia, bisa dibilang Ausbildung ini seperti sistem belajar di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Di sistem dual-Ausbildung kamu akan belajar teori di sebuah Berufschule (Sekolah) dan mempraktekkan teori yang kamu pelajari di sebuah Perusahaan. Mirip juga seperti SMK, lulusan Ausbildung pasti akan langsung siap kerja, yang bikin kamu punya kesempatan bagus di pasar tenaga kerja di Jerman. Menarik kan? Seperti apa Ausbildung itu, bagaimana fungsinya dan apa aja macamnya akan aku jelaskan di bawah 🙂

Ada dua macam sistem Ausbildung di Jerman

1. Duale Ausbildung

Yang pertama adalah sistem dual-Ausbildung (die duale Ausbildung). Sistem ini terdiri dari banyak jam praktek. Lama studinya tergantung dengan bidang apa yang kamu ambil. Kebanyakan sekitar 2 sampai 3,5 tahun studi. Selama waktu studi itu, kamu akan mendapatkan jam teori di Sekolah selama satu atau dua kali seminggu, tapi bisa juga langsung seminggu atau bahkan 3 minggu jam teori. Di hari lain kalau kamu nggak ada jadwal sekolah, kamu akan pergi ke kantor, ke perusahaan tempat kamu Ausbildung dan di sana kamu berkesempatan untuk bisa belajar dan mempraktekkan pengetahuan teori yang sudah kamu pelajari di sekolah.

Di Sekolah kamu nggak hanya belajar bahasa Jerman, bahasa Ingris dan Ilmu Sosial. Dua per tiga jam teori kamu habiskan untuk belajar tema-tema spesial yang relevan untuk jurusan Ausbildung atau kerjaanmu. Selama mengikuti Ausbildung kamu mendapatkan jatah libur minimal 24 hari setahun. Hari libur ini bisa kamu ambil kalau kamu nggak ada jadwal Sekolah. Selain Dosen-Dosen yang mengajar teori di Sekolah, kamu akan didampingi juga oleh Mentor di Perusahaan. Dan seperti layaknya Sekolah-Sekolah yang lain, di Ausbildung kamu juga harus menghadapi ujian semester, baik praktek maupun teori. Di akhir Ausbildung akan ada juga ujian akhir yang wajib diikuti. Semua Ujian biasanya dalam bahasa Jerman.

Sistem dual-Ausbildung ini cukup populer di kalangan anak-anak muda di Jerman. Lebih dari dua per tiga anak muda di Jerman memilih ikut Ausbildung. Kenapa?

Kombinasi dari teori dan praktek ini memberikan kamu banyak keuntungan antara lain: pengalaman kerja. Nggak cuma teori, kamu juga akan punya pengalaman praktek yang pasti jadi nilai plus di CV kamu. Selain itu, lewat Ausbildung kamu jadi punya gambaran lebih tentang dunia kerjamu kelak. Dari sekutar 350 jurusan Ausbildung di Jerman yang diakui, pasti akan ada satu jurusan yang pas buat bakat dan ketertarikan kamu. Apa aja jurusannya, bisa kamu lihat di planet-beruf.de

Selama kamu mengikuti dual-Ausbildung, kamu mendapatkan gaji bulanan dari perusahaan tempat kamu praktek. Rata-rata gaji Auszubildende (sebutan untuk orang yang mengikuti Ausbildung) adalah 795 Euro brutto. Tergantung juga dari jurusan, perusahaan dan kota tempat Ausbildung, kamu bisa mendapatkan gaji lebih atau kurang dari angka itu. Gaji bulananmu akan bertambah sering kenaikan kelasmu. Misalnya gaji bulanan Auszubildende di bidang keperawatan tahun pertama adalah 956 Euro brutto, di tahun ke-2 1015 Euro brutto dan di tahun ke-3 1120 Euro brutto perbulan.

2. Schulische Ausbildung

Sistem yang kedua selain dual-Ausbildung adalah schulische Ausbildung. Berbeda dari dual-Ausbildung, di sistem schulische Ausbildung ini kamu lebih banyak menghabiskan waktumu di sekolah khusus, di mana kamu bisa belajar teori dan praktek. Untuk tambahan jam praktek, kamu harus mengikuti Praktikum di perusahaan dan atau lembaga sosial. Sistem Ausbildung ini ada untuk beberapa jurusan kesehatan, komersial dan teknik.

Lama Ausbildung biasanya antara satu sampai tiga tahun. Di sini kamu bisa belajar di sekolah negeri atau swasta. Untuk sekolah swasta biasanya kamu harus bayar uang sekolah bulanan. Bedanya dengan sistem dual Ausbildung, di sistem schulische Ausbildung kamu nggak mendapatkan gaji bulanan. Pengecualian adalah untuk schulische Ausbildung di bidang kesehatan. Biasanya Auszubildende yang bekerja di Rumah Sakit atau Panti Jompo mendapatkan gaji.

Segitu dulu untuk selak beluk Ausbildung di Jerman. Gimana cara dafarnya dan apa aja syarat yang harus kamu penuhi biar bisa diterima Ausbildung di Jerman akan aku ulas di artikel berikutnya.

Salam, Theresia.

Sumber informasi: Make it in Germany

©Theresia Citra / waytooindo

Tentang Penulis:

Hallo, namaku Theresia Citra Ardiati. Kamu boleh panggil aku Theresia, atau Citra. Aku lahir dan besar di Yogyakarta, Indonesia. Setelah lulus dari jurusan bahasa SMA Stella duce 1 Yogyakarta tahun 2010, aku memutuskan untuk melanjutkan belajar bahasa Jerman langsung di Jerman. And here I am.. berawal dari Aupair, lalu coba-coba cari alternativ lain untuk kuliah dan sampai akhirnya aku mendaftar Ausbildung sebagai geriatric-nurse. Saat ini aku tinggal di Hamburg dan menjalani tahun terakhirku di Ausbildung.

+++ Ikuti Citra juga di Instagram +++


Kalau kamu suka dengan artikel ini dan kamu ingin lebih tahu tentang Jerman ikuti juga waytooindo di Facebook dan Instagram.

20 comments

  1. Widya Ayu Mangande says:

    Halo mbak Theresia,

    Aku pengen banget nih melanjutkan ausbildung di Jerman kayak mbak.
    Aku sendiri udah lulus dari sekolah perawat di Indo.
    Cuma aku punya masalah soal Visa, karna visa Aupair aku abis bulan Maret dan Ausbildung mulainya bulan September. Dan aku bingung nih harus ngapain dari bulan Maret sampe ke September. Gastefamilie aku nawarin buat bikin visa Sprachkurs dan tinggal bareng mereka, tapi apa visa sprachkurs bisa di ganti ke Visa Ausbildung? Ato ada alternative visa laen? Kira2 kunci masalah aku gimana yah mbak? Terima kasih 😉

    LG Ayu Mangande

    • mm

      Hallo Ayu,
      saran aku kamu bisa ikut FSJ (Freiwilliges Soziales Jahr) langsung setelah Au Pair. Tentu dengan catatan kamu harus dapat tempat FSJ sebelum Visa Au Pair habis. Kontrak FSJ biasanya 6-12 bulan, tapi enaknya… kontrak ini nggak terlalu mengikat kamu..artinya kamu bisa mengundurkan diri kapanpun sebelum masa berlaku kontrak habis. Dan karena kamu pengen nantinya lanjut Ausbildung di bidang keperawatan, kamu coba aja cari temat untuk FSJ di Rumah Sakit. Sekalian itung-itung biar dapat gambaran dunia keperawatan di Jerman sebelum mulai Ausbildung. Jadi kamu bisa manfaatin waktu luang sebelum Ausbildung dengan maksimal..sambil FSJ dan sambil cari tempat Ausbildung yang pas. Selain itu dari FSJ kamu juga dapat gaji loh ^^

      Sebelum Ausbildung, aku juga pernah ikut FSJ dan aku nggak mengalami kesulitan dalam pengajuan Visa untuk Ausbildung. Sebaliknya, aku pernah mengalami kesulitan saat mengajukan VISA untuk FSJ, karena saat itu aku pegang Visa Sprachkurs/Studienvorbereitung. Alasan dari pihak kantor Imigrasi waktu itu adalah Visa Sprachkurs/Studienvorbereitung dimaksudkan ya untuk Studium, jadi mereka nggak bisa mengabulkan permohonanku untuk Visa FSJ. Waktu itu aku harus kembali ke Jakarta dan mengajukan permohonan Visa dari Kedutaan Jerman di Jakarta.

      Pertanyaan kamu apakah visa Sprachkurs bisa diganti ke Visa Ausbildung, sayangnya aku nggak tahu. Yang aku tahu pasti, dari Visa Aupair kamu bisa langsung ganti ke Visa FSJ dan dari Visa FSJ kamu bisa ganti ke Visa Ausbildung.

      Untuk info yang lebih jelas tentang Visa, kamu bisa tanya langsung ke Ausländerbehörde di kota tempat tinggal kamu sekarang.
      Good luck!

      Salam, Theresia.

      • Widya Ayu Mangande says:

        Vielen Dank Mbak Theresia, jawabannya sangat membantu 🙂
        Jadi aku baru tau nih kalo FSJ kontraknya ga terikat. Selama ini ga kepikiran FSJ karena kelamaan waktunya setahun. Kalo pengalaman Mbak Theresia sendiri pas nyari ausbildung susah ga? Aku sekarang lagi nunggu berkas2 translatetan yang bakal dipakai buat cari2 ausbildung dan FSJ.
        Sekali lagi vielen Dank 🙂

  2. mm

    Hallo Ayu, pengalamanku nyari Ausbildung nggak susah kok. Terutama di bidang keperawatan.. gampang carinya, karena tenaga perawat lagi banyak dicari. Yang penting daftar tepat waktu..biar bisa mulai Ausbildung tepat waktu juga.
    Salam, Theresia

  3. caren says:

    halo Theresia,
    saya Caren, baru tahu nih kalo Ausbildung bisa untuk orang asing juga. saya sekarang di Hamburg juga lagi ikut sparchcshule nih, mungkin kalau Theresia ga sibuk bisa ketemu? 🙂
    tahun lalu saya baru lulus SMA, kalo langsung ikut Ausbildung apa mungkin setelah itu langsung lanjut ke Uni? atau tetap harus ikut Studienkolleg dulu?
    satu lagi pertanyaan, ijazah ausbildung berlaku internasionalkah? atau hanya di Jerman?
    makasih, salam 😀

    • mm

      Hallo Caren,
      Ausbildung di jurusan tertentu bisa langsung lanjut ke Uni (jurusan tertentu juga). kebanyakan syarat lulusan fachhochschulreife/lulusan studienkolleg harus tetap dipenuhi.
      Setahu aku Ijazah Ausbildung hanya diakui di Jerman, karena sistem Ausbildung ini hanya ada di Jerman. kalaupun bisa kerja di Ausland, lulusan Ausbildung Jerman cuma bisa kerja sebagai Asisten.
      Salam, Theresia

  4. Marta Clarisa says:

    Liebe Theresia,

    Halloo,salam kenal. perkenalkan namaku Clarisa. Skg lg aupair di Apen, Niedersachsen. Baru sebulan disini 🙂 rencana setelah aupair selesai mau FSJ lalu Ausbildung. Nah, klo kontrak aupair ku slesai nov akhir, apa ada ya FSJ yg mulai awal desember? Oiya ini no wa ku siapa tau bisa meet up brg sesama indo 🙂 015731096687 🙂
    Terimakasih sebelumnya yaa. LG Clarisa

    • mm

      Hallo Clarisa,
      FSJ bisa mulai kapan aja kok. yg perlu diperhatikan cuma waktu daftarnya..saran aku mulai daftar fsj 3 bulan sblm kontrak aupair habis, jadi masih punya waktu cukup untuk urus visa dll.
      Salam, Theresia.

      • shøhibul wafa says:

        hi theresia bisa nomor whatsapp atau id line mu?
        karena ada beberapa pertanyaan yang ingin aku tanyakan ke kamu dan aku harap dapat jawban tepat dari kamu
        terimakasih

  5. ariando says:

    hallo Theresia salam kenal,

    saya Ando sudah hampir 3 Thun d jerman, tahun 1 sy les bahasa, tahun ke dua sy Studie MBA Di hannover,, Namun permasalahan sy sulit buat cari kerja yg tepat krn background sy Petroleum Engineer, skrg sy tertarik dengan dual Studium khusus nya Ausbildung, kalau boleh tanya2 mungkin bisa via email, skrg posisi saya Di hannover,,
    sy tertarik untuk Ausbildung Di Bank, mungkin gak?
    berikut email sy: ariando.rover@yahoo.co.id
    thanks ya.

  6. christina pratiwi says:

    hi kak
    skr aku lagi fsj, dan sebentar lagi lanjut ausbildung tpi pihak auslanderbehoerde diflensburg sini bilang aku ga bisa ngajuin visa dari sini harus balik dulu k indo.. tapi beberapa teman dari kota lain,,, termasuk pengalaman k sendiri bisa dari fsj langsung lanjut ausbildung dsni… gimana ya itu kk?
    salam
    christina

  7. wulan1612 says:

    Hai citra
    Aku wulan
    Sekarang aku lagi buat FSJ di Wohngruppe mit Behinderten di Hamburg
    Salam kenal ya. .
    Rencana nya Selesai FSJ ingin buat Ausbildung. .
    Ingin ngobrol2 langsung deh kalau Ada kesempatan . 🙂
    Km punya line Ngga ?
    Kalau punya bisa Add id line aku wulan1108
    Danke ya

    Liebe Grüße
    Wulan

  8. Agnes says:

    Hallo Citra!

    Perkenalkan saya Agnes Ladja. Saya sekarang sedang mengikuti program Aupair di Austria dan bulan Juli nanti visa saya berakhir. Sebelum kembali ke Indonesia, saya ingin sekali mengikuti Ausbildung di Jerman. Tapi saya masih bingung dengan segala urusan ‚perpindahan‘ dari Aupair Austria ke Ausbildung di Jerman. Di sini saya juga sudah miliki Zertifikat Deutsch B2.

    apakah bisa membantu memberikan penjelasan kepada saya yang masih oot ini?:) Danke im Voraus.

  9. Halo Theresia, aku Ria, sekarang aq lagi Aupair dan rencana taun depan adalah mau Ausbildung juga.
    Tapi bidang yg mau aku ambil adalah Makeup Artist, dimana bukan aq yg dibayar malah kitanya yg bayar..

    Nah pertanyaanku, kalo Ausbildung yg ini masuknya Schulische Ausbildung yaa?
    Trus boleh tau gak syarat visanya apa aja kalo kita udah tinggal di Jerman..?
    makasih..

  10. Sianita says:

    Hallo kak,
    aku mau tanya 350 jurusan Ausbildung di Jerman yang diakui itu apa aja ya? Kira2 aku bisa cari info dimana soal macam2 ausbildung itu. vielen dank!

  11. Helena Shukuva says:

    Halo teman-teman,
    Saya bersama Yayasan German Education sedang mencari anak-anak muda Indonesia yang mau sekolah (belajar) sambil bekerja di bidang perhotelan/perawat selama 3 tahun di Jerman.

    Jika ada anak/saudara/kerabat yang berminat bisa menghubungi saya (Helena 0812-9456-8294) untuk informasi selanjutnya.
    Terima kasih.

  12. Rifqi nuscha al muhimmah says:

    Hallo, kak Theresia Citra.
    Terimakasih sebelumnya untuk tulisan kaka yang sangat bagus dan membantu🙏 perkenalkan kak nama saya Nuscha saya sedang kuliah s1 farmasi di indonesia dan sebentar lg lulus, dan saya berencana untuk melanjutkan kuliah profesi „apoteker“ saya di Jerman,
    Nah yang saya ingin tanyakan ke kakak, apakah ausbildung ini semacam kuliah profesi untuk suatu jurusan tertentu atau bagaimana kak? Apa sama jika saya ambil ausbildung pharmaceutical setara dengan kuliah apoteker di indo atau bagaimana kak? Hehe tolong dijawab ya kak. Soalnya saya cari kuliah apoteker di jerman ngga ketemu dan teman saya akhirnya memberi tau saya tentang ausbildung. Saya jd tertarik dengan ausbildung, it sounds interesting😌

Schreibe einen Kommentar

Deine E-Mail-Adresse wird nicht veröffentlicht. Erforderliche Felder sind mit * markiert.