Home > Jawa: Belajar Bahasa Jerman Di UNESA Surabaya

belajar bahasa jerman di UNESA
©Kiwihug / Unsplash

Jawa: Belajar Bahasa Jerman Di UNESA Surabaya

Salah satu universitas negeri di Indonesia yang mempunyai program studi pendidikan bahasa Jerman dan sastra Jerman ialah Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

Belajar bahasa asing selain bahasa Inggris termasuk bahasa Jerman masih terlihat “wow“ untuk kebanyakan masyarakat. Beberapa orang di sekitarku terkadang berasumsi bahwa orang yang memilih jurusan bahasa Jerman mungkin kesasar atau memang itu pilihan terakhir. Buktinya saja banyak orang mengajukan pertanyaan yang sama kepadaku dan teman-temanku.

Mau jadi apa kau dengan menjadi lulusan bahasa Jerman?

belajar-bahasa-jerman
Latihan persiapan sebelum pentas, menghapalkan teks bahasa Jerman, dan mengatur mimik serta intonasi

Aku jadi penasaran alasan apa yang kau punya sehingga memilih belajar bahasa Jerman di universitas?

Terlepas dari itu, banyak hal yang membuat mata kami mahasiswa bahasa Jerman terbuka. Sebenarnya ada banyak peluang besar telah menanti kami ketika mampu menguasai bahasa asing di zaman modern ini. Hari demi hari teknologi berkembang pesat dan tak bisa dipungkiri kami akan membutuhkan kemampuan bahasa asing untuk bisa tetap eksis dengan perubahan zaman.

Aku jadi teringat pernyataan Jutta Limbach dari pihak DAAD (Deutsche Akademische Austausch Dienst) yang bermakna kemampuan bahasa Inggris itu suatu keharusan, sedangkan kemampuan bahasa Jerman ialah nilai plus.

drama-unesa

English ist ein Muss, Deutsch ist ein Plus

Salah satu universitas negeri di Indonesia yang mempunyai program studi pendidikan bahasa Jerman dan sastra Jerman ialah Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Tetapi, kalau di wilayah Surabaya, UNESA ialah satu-satunya universitas yang terdapat prodi pendidikan bahasa Jerman dan sastra Jerman.

unesa_logo

Di UNESA, program studi pendidikan bahasa Jerman maupun sastra Jerman merupakan bagian dari Jurusan bahasa Asing di Fakultas Bahasa dan Seni. Kampus UNESA terbagi

menjadi 4 lokasi berbeda, diantaranya di Ketintang (Surabaya), Lidah Wetan (Surabaya), Teratai (Surabaya), dan Gedangan (Sidoarjo). Untuk mahasiswa bahasa Jerman, lokasi perkuliahan ada di Lidah Wetan. Untuk dapatkan informasi lebih lanjut mengenai UNESA, berikut web resminya.

Bertemu Teman Dari Penjuru Nusaantara

Kali pertama aku kuliah di UNESA dengan jurusan sastra Jerman, aku menerka-nerka bahwa mahasiswanya kemungkinan besar berasal dari Surabaya, Sidoarjo, dan sekitarnya. Akan tetapi, perkiraanku salah. Ada banyak mahasiswa/i dari daerah jauh bahkan dari luar pulau yang tertarik untuk mengenyam pendidikan bahasa Jerman di Surabaya. Mereka ada yang berasal dari Bali, Medan, Lombok, dan bahkan Flores. Senang rasanya punya banyak teman dari berbagai daerah dengan satu tujuan yang sama yaitu belajar bahasa Jerman.

Ada satu hal seru saat menjadi mahasiswa bahasa Jerman, bisa ikut gabung bareng teman-teman Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Jerman Indonesia (IMBSJI). Ada perwakilan mahasiswa setiap universitas berkesempatan mengikuti kegiatan yang terdiri dari semua universitas di Indonesia yang ada jurusan/prodi bahasa Jerman.

Mereka ialah Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Medan (UNIMED), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Pattimura (UNPATTI), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Nomensen, dan STBA Yapari ABA. Kami membahas mengenai informasi terbaru mengenai bahasa Jerman dan lain-lain.

Menghidupkan Kegiatan Yang Berbau Jerman

Berbicara mengenai belajar bahasa Jerman, tak lengkap rasanya jika mahasiswa/i hanya duduk manis dengan segudang teori gramatik yang rumit dan kosa-kata bahasa Jerman di kelas tanpa mempraktikkannya. Tentu dibutuhkan berbagai kegiatan untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat di kelas. Biasanya kegiatan-kegiatan tersebut diadakan oleh sebuah organisasi yang sering kami sebut HMPS Jerman (Himpunan Mahasiswa Pendidikan dan Sastra Jerman). Setiap tahun selalu ada pergantian kepengurusan di organisasi ini sehingga tidak akan menghambat mahasiswa untuk lulus tepat waktu.

Kegiatan tahunan HMPS Jereman UNESA diantaranya yaitu bernama Begruessungsparty (Pesta penyambutan), Deutsche Woche (Minggu Berbahasa Jerman), dan Deutsche Zeit (Waktu Berbahasa Jerman). Ada juga unit kegiatan mahasiswa yang digagas angkatan 2012 bernama Deutscher Tanz (Tarian Jerman). Dahulu saat aku menjadi mahasiswa di sana, sering diadakan Sprechklub dan seminar sastra juga untuk mengasah pengetahuan kami semua hal tentang Jerman.

Ayo ikuti kami belajar Bahasa Jerman

Aku akan sedikit menceritakan mengenai beberapa mahasiswa yang sudah aku jelaskan sebelumnya. Begruessungsparty biasanya dilakukan di tahun pertama ajaran baru. Seperti namanya, pesta penyambutan ini sengaja diadakan untuk menyambut mahasiswa/i baru sehingga menjadi tempat perkenalan satu sama lain. Selain itu, mahasiswa bisa lebih memantapkan diri dan menyiapkan diri untuk mempelajari bahasa Jerman di tahun-tahun selanjutnya.

deutsche-woche-unesa

Berbeda lagi dengan Deutsche Woche, acara yang terdiri dari berbagai macam lomba berkaitan dengan bahasa Jerman ini diadakan dalam waktu seminggu dan pesertanya bukan hanya mahasiswa/i, tetapi juga siswa SMA. Deutsche Woche merupakan acara terbesar yang diselenggarakan dengan mengangkat tema berbeda setiap tahunnya, sedangkan Deutsche Zeit ialah lomba-lomba berbahasa Jerman yang khusus diperuntukkan mahasiswa berbagai angkatan di kampus.

Semua angkatan wajib mengirimkan wakil untuk berpartisipasi dalam acara ini. Lomba-lomba dikemas sedemikian rupa agar peserta bisa berlomba sambil belajar dengan asyik. Salah satu kegiatan yang tak kalah menarik yaitu Sprechklub. Di acara ini mahasiswa/i beserta beberapa dosen nonton film Jerman bareng di ruangan. Kami pun berdiskusi dan saling tanya jawab setelah film selesai diputar. Seru, asyik, dan santai. Tiga kata untuk acara ini sebab kemampuan dan kepercayaan diri kami menggunakan bahasa Jerman telah diuji.

Sekilas Berbicara Perkuliahan

Sistem perkuliahan bahasa Jerman di kampus UNESA dibagi menjadi 4 garis besar yang masing-masing ditempuh dalam masa 4 tahun. Pada semester pertama semua mahasiswa bahasa Jerman di ajak untuk mempelajari dasar-dasar kebahasaan Bahasa Jerman. Sebagaimana yang kita tahu, bahasa Jerman berbeda dari bahasa inggris, baik dari segi Aussprache (pelafalan) maupun dari segi strukturnya. Muatan materi yang di berikan sebanyak 60% dan praktek sebanyak 40%.

Hal ini terjadi karena bertolak dari penyamarataan materi bagi seluruh warga baru bahasa dan sastra Jerman dengan menyadari bahwa mahasiswa/i yang masuk ke dalam prodi pendidikan bahasa dan sastra Jerman belum semuanya paham dan mendapat bekal dasar bahasa Jerman. Memasuki pertengahan semester kedua perkuliahan mahasiswa di hadapkan pada bidang keilmuan dasar yang lebih kompleks. Materi yang di berikan sekarang 40% dan praktek sebanyak 60%. Di UNESA mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Jerman menggunakan buku Studio D A1, A2, B1, B2 terbitan Cornelsen dan buku-buku lain untuk buku pendamping.

Selain belajar di ruang kelas, ada beberapa mata kuliah yang harus dilaksanakan di luar ruangan bahkan luar kampus. Salah satunya ialah mata kuliah drama. Mahasiswa/i dituntut bisa mengorganisir suatu pertujukan untuk khalayak umum secara tim (satu kelas). Dengan begitu, akan ada banyak pelajaran atau soft skill mahasiswa yang terasah, bagaimana cara bernegosiasi dengan orang lain, bagaimana bekerja secara tim, bagaimana menyatukan tujuan dari banyak orang dan lain-lain.

Sekedar informasi tambahan untuk mengetahui tempat kursus bahasa Jerman yang diakui secara internasional, kunjungi saja Goethe Institut Surabaya atau Goethe-Zentrum Surabaya atau Wisma Jerman yang terletak di Jl. Taman A.I.S. Nasution 15, Surabaya. Di sana kalian bisa menggali banyak informasi mengenai kursus bahasa Jerman, tes bahasa Jerman, informasi kuliah di Jerman, informasi kerja di Jerman dan lain-lain (ummah).

Sumber informasi: Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

©Rohmatul Ummah / waytooindo

Tentang Penulis: Hai, Namaku Rohmatul Ummah. Kamu bisa panggil Ummah. Aku lahir di Sidoarjo. Selain dikenal sebagai “Kota Udang”, Sidoarjo merupakan kota terbesar kedua setelah Surabaya di lingkup Provinsi Jawa Timur. Kini aku menjadi creative writer di salah satu perusahaan di Sidoarjo. Aku baru saja lulus dari UNESA (Sastra Jerman) pada bulan Juli 2015. Di sana saya bersama mahasiswa/i lainnya mempelajari banyak hal mengenai Jerman, baik bahasa maupun budayanya. Ketertarikanku akan negara yang dikenal berteknologi tinggi tingkat internasional ini sama sekali belum luntur hingga sekarang. Ada sebuah mimpi yang selalu terselip di setiap doa agar suatu saat aku diberi kesempatan menginjakkan kaki di Jerman. Dengan begitu, aku bisa membuktikan sendiri segala hal yang sudah aku dapatkan selama di bangku perkuliahan serta bisa mengaplikasikan ilmuku secara langsung.


Kalau kamu suka dengan artikel ini dan kamu ingin lebih tahu tentang Jerman ikuti juga waytooindo di Facebook dan Instagram.

2 comments

  1. aayumf says:

    Assalamualaikum kak.
    Mau tanya, kalau ikut spmb mandiri di unesa memilih sastra jerman apa pakai tes wawancara? Kalau iya memakai bahasa indonesia kah? Dan kalau memilih prodi ini apa diharuskan bisa bhs jerman atau bisa untuk siapa saja?

    Terima kasih^^

  2. Hany_ says:

    Kak maaf bertanya, mohon dijawab. Apa saat yudisium/ acara kelulusan yg lain diminta untuk melampirkan sertifikat ospek? Terima kasih

Schreibe einen Kommentar

Deine E-Mail-Adresse wird nicht veröffentlicht. Erforderliche Felder sind mit * markiert.