Home > HMI Universitas Negara Yogyakarta: Pendidikan Bahasa Jerman akan berkemah di Candi Prambanan

yogyakarta-bahasa-jerman
©pvdberg / Pixabay

HMI Universitas Negara Yogyakarta: Pendidikan Bahasa Jerman akan berkemah di Candi Prambanan

Artikel ini adalah tentang HMI Universitas Negara Yogyakarta Pendidikan Bahasa Jerman yang akan berkemah di Candi Prambanan pada tanggal 22. – 24. Januari 2016.

Logo Universitas Negeri Yogyakarta UNY
© Universitas Negeri Yogyakarta

Hallo & Salam Budaya!

Aku adalah salah satu anggota dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman atau: Bund der Deutsch-Studenten (BDS). Kami, BDS akan mengadakan acara bernama „Deutsch Abenteuer“, dimana dalam acara tersebut berisikan seputar hubungan jerman-indo. Oleh karena itu, aku ingin menjelaskan sedikit tentang siapa dan apa yg ingin kami lakukan.

Bund der Deutsch-Studenten (BDS) adalah Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Berdiri dibawah naungan Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman UNY, BDS merupakan wadah bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman yang ingin belajar berorganisasi dan menjadi ujung tombak dari Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman itu sendiri. BDS dalam masa kepengurusan tahun 2015-2016 ini memiliki Kabinet Guten Morgen, yang terdiri dari:

BDS: Bund der Deutsch-Studenten der Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

  1. Präsident
  2. Vizepräsident
  3. Sekretärin des Kabinets
  4. Schatzmeister
  5. Ministerium für Akademie und Wissenschaft
  6. Ministerium für Forderung und Kreativität
  7. Ministerium für Unterstuzung der Finanzen
  8. Ministerium für Soziales, Publikation und Netzwerk
  9. Ministerium für Regeneration

Masing-masing departemen bergerak dan bekerja dalam bidangnya dan dalam masa kepengurusannya dituangkan dalam berbagai kegiatan, aktivitas, dan program-program kerja sesuai dengan bidang per Ministerium-nya. Setiap tahunnya, BDS memiliki bermacam-macam acara yang tentunya melibatkan segala sesuatu yang berhubungan dengan Jerman, beberapa diantaranya: Deutsche Woche atau Pekan Jerman dan Deutsch Abenteuer. Pada masa kepengurusan tahun ini, Deutsch Abenteuer akan dilaksanakan pada tanggal 22-24 Januari 2016 di Candi Prambanan dengan berbagai aktivitas yang menarik dan menyenangkan, seperti:

  • Seminar seputar Studi di Jerman, Kehidupan di Jerman, dan seputar AuPair
  • Tur keliling Candi Prambanan
  • Deutschkurs intensif 3 hari (penguasaan dasar untuk berbicara dan memahami bahasa Jerman)
  • Berbagi tentang perbedaan budaya Jerman-Indonesia bersama Native Speaker
  • Api unggun dan masih banyak lagi (…)

Deutsch Abenteuer pada tahun ini dapat dibilang beda dari tahun sebelumnya, karena pada kesempatan tahun ini diadakan di tempat yang terbuka dengan konsep camping dan candi Prambanan sebagai saksi atas segala aktifitas yang akan dilakukan. Tujuan dari diadakannya acara ini, antara lain adalah untuk memperkenalkan BDS dan Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman, memperkenalkan budaya dan bahasa Jerman, memberi pemahaman perbedaan budaya Jerman-Indonesia dan berbagi pengalaman dan pengetahuan yang bersifat kejermanan. Pendaftaran Deutsch Abenteuer 2016 masih dibuka hingga 15 Januari 2016 dan pembayaran paling lambat tanggal 17 Januari 2016. Form Pendaftaran dapat diakses di: bit.ly/DA_gutenmorgen2016.

Acara Deutsch Abenteuer di Candi Prambanan oleh HMI Yogyakarta

BDS tak pernah terlelap, karena peminat terhadap Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman bisa dibilang banyak. Dan banyak pula mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman yang mendapatkan beasiswa ke Jerman (Sommerkurs DAAD, ZiDS, dll) dan melanjutkan kuliah di Jerman. Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman sudah sejak lama berdiri dan merupakan satu-satunya jurusan di Yogyakarta yang menggeluti Bahasa Jerman. Lulusan Jurusan Pendidikan Bahasa Jermanpun menjajikan, karena selalu dibutuhkan terutama dalam bidang kepariwisataan dan pendidikan. Tanpa Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman, Bund der Deutsch-Studenten tidak akan dapat berdiri.

Deutsch Abenteuer sangat terbuka untuk kalian! Akan ada banyak aktifitas yg menyenangkan tentunya juga makanan tradisional jerman-indo.

Ayo! Kami tunggu partisipasimu…

©Ajeng Prananingtya / waytooindo

Tentang Penulis: Hallo! Aku Ajeng Prananingtyas, biasa dipanggil Ajeng. Saat ini aku duduk di bangku kuliah Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta. Aku sudah tertarik dengan Eropa, khususnya Jerman sejak aku duduk di bangku SMA. Karena letak Jerman yang strategis dan berada di jantung Eropa begitu juga bahasanyapun banyak digunakan di beberapa negara di Eropa membuatku semakin bersemangat dan giat dalam belajar dan membuka jendela wawasan selebar-lebarnya dengan harapan aku bisa melanjutkan studiku di Jerman.

 


Kalau kamu suka dengan artikel ini dan kamu ingin lebih tahu tentang Jerman ikuti juga waytooindo di Facebook dan Instagram.

 

Schreibe einen Kommentar

Deine E-Mail-Adresse wird nicht veröffentlicht. Erforderliche Felder sind mit * markiert.