Home > Pendiri – Tentang Aku

tentang-pendiri-waytooindo
©waytooindo

Pendiri – Tentang Aku

Artikel ini adalah perkenalan dengan pendiri waytooindo yang namanya Anna dari Jerman.

HALLO!

Namaku Anna-Carina Kruse. Teman-teman biasa memanggilku ANNA. Kalau aku di Indonesia, orang memanggilku bule:

Aku pertama kali datang ke Indonesia pada tahun 2011, lebih tepatnya ke pulau terpopuler di Indonesia, Bali. Tidak hanya jatuh cinta kepada bahasa Indonesia. Selama aku belajar Bahasa Indonesia di Uni Denpasar, aku juga jatuh cinta kepada penduduk, mentalitas dan kulturnya. Aku segera menyadari apa yang dimiliki negara ini, dengan begitu banyak penduduk dan pulaunya, dengan segala macam bahasa daerah, budaya, juga flora dan fauna yang ada di dalamnya. Terlepas dari daya tarik eksotisnya, Indonesia adalah satu negara berkembang yang sangat menarik jika dilihat dari berbagai macam sudut pandang.  Di samping isu-isu ekologi yang ada seperti pembakaran hutan di Sumatra dan di Kalimantan (karena Industri kelapa sawit & karet) atau masalah sampah plastik, masih ada banyak fenomena-fenomena sosial yang bahkan menarik jika dipandang dari latar belakang jejak budaya kita.  

Berdasarkan rasa ingin tahu yang besar dan berbekal kemampuan bahasa, tujuan dasarku adalah untuk mendalami budaya.

Menunjukkan perbedaan budaya untuk memahami satu sama lain

Aku menyadari betapa terbatasnya kemampuan berbahasa saat terjemahan ke bahasa Inggris atau Jerman tidak lagi memberiku penerangan. Kurangnya konotasi, intonasi mimik dan gestik mempersulit dalam pencarian arti sebuah kata. Tidak semua pecinta Indonesia memiliki waktu untuk menyelam sepertiku, tapi tetap saja mereka ingin mengerti.

Hallo Mister dan Jerman yang dipuja-puja

Melalui pekerjaan dan studiku di negara ini, tentu saja aku tidak bisa mengindari saat aku dihadapkan dengan asal-usulku sendiri dan bagaimana masyarakat bereaksi terhadap „Jerman“, seperti misalnya: „Hallo Mister, dari mana asalnya?“ „Ohhhhhhh Jeeeermaaan, bagus sekali!“ (acung jempol) Kami adalah bukti hidup untuk kekayaan kami, kami modern dan berpendidikan. Tingkah laku kami egois dan dominan, tetap kami masih disukai. Kalau orang memperhatikan tindakan beberapa turis-turis barat di Indonesia, rasanya tidak enak mengingat aku juga tergolong ke mereka. Aku selalu berusaha membatasi diriku sendiri.

Aku ingin tetap menunjukkan sikap hormat, rendah hati dan terimakasihku sudah boleh menjadi tamu di negara kalian. Banyak orang yang aku kenal bertanya kepadaku mengenai kemungkinan bagi mereka untuk bersekolah atau bekerja di jerman. Kenapa program-program yang aku ikuti tidak bisa diikuti juga oleh orang Indonesia? Tentu tidak semua keluarga memiliki cukup uang untuk menyekolahkan anak-anaknya sampai selesai. Ada banyak program-program beasiswa di luar sana. Bagaimana cara mendapatkannya? Dan bagaimana caranya sebagai orang Indonesia bisa ke Jerman dengan kondisi finansial yang seadanya?

Tentu saja ada ketertarikan dari dua arah

Aku ingin membagi pengetahuanku tentang program-program yang ada dengan senang hati kepada mereka-mereka yang tahu dan peka terhadap budaya. Perlu diketahui bahwa sudah ada Komunitas Indonesia di Jerman yang sudah berhasil meraih mimpinya. waytooindo adalah satu upaya untuk menciptakan sebuah platform, yang memungkinkan dua sisi untuk saling berbagi, untuk mencapai apa yang dicita-citakan.

Salam hangat dari Hamburg, Anna

Terjemahan: Theresia Citra Ardiati


Kalau kamu suka dengan artikel ini dan kamu ingin lebih tahu tentang Jerman ikuti juga waytooindo di Facebook dan Instagram.

5 comments

  1. C.+C.K says:

    Leider kann ich den Text nicht lesen aber alleine das Titelbild ist so stark beeindruckend, dass ich es mir immer wieder ansehen muß.

  2. Artanto Nugroho says:

    Waa… bagus sekali tulisan prologmu di web, saya terkesan dengan apa yang kamu tulis tentang indonesia. mari berbagi cerita dan sharinng ruang untuk proyek yang lain…Nomer HPku masih sama dengan yang dulu.

Schreibe einen Kommentar

Deine E-Mail-Adresse wird nicht veröffentlicht. Erforderliche Felder sind mit * markiert.