Home > StadtRAD Hamburg: Bersepeda Nyaman Dan Murah

stadtrad-hamburg
©StadtRAD Hamburg

StadtRAD Hamburg: Bersepeda Nyaman Dan Murah

Bersepeda tidak hanya menurunkan berat badan, tetapi juga adalah secara keliling (travel) murah. Artikel ini adalah tentang bagaimana kamu bisa bersepeda dengan StadtRAD Hamburg secara nyaman dan murah.
Teman saya bilang, saya memiliki sepeda di mana-mana di seluruh Jerman, yang bisa saya gunakan kapan pun saya mau di mana pun. Dia tidak salah, loh, karena sejak September lalu saya menjadi anggota dari Stadtrad Hamburg atau sepeda kota Hamburg. Salah satu fasilitas transportasi yang ada di kota Hamburg, hasil kerja sama antara pemerintah kota Hamburg dan DB (Deutsche Bahn – perkeretaapian Jerman).

StadtRAD Hamburg yang berwarna merah

Sepeda yang disediakan oleh mereka berwarna merah, gampang sekali dikenali, selain dari desainnya yang berbeda dari sepeda pada umumnya. Untuk meminjam, pelanggan perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu, baik lewat online di stadtrad.hamburg.de atau bisa juga di mesin peminjaman sepeda yang ada di setiap stasiun peminjaman yang tersebar di 123 tempat di seluruh Hamburg.

Secara mendaftar

Pada saat mendaftar, siapkan kartu kredit, atau kartu debet dari bank, atau kartu pelanggan Stadtrad Hamburg. Mereka kelak akan digunakan sebagai kartu identifikasi pada saat peminjaman sepeda. Kartu harus dimasukan ke mesin peminjaman, sesaat sebelum peminjaman dilakukan. Setelah itu tinggal memilih sepeda nomor berapa yang akan dipinjam. Tekan kotak mesin kecil yang menempel dengan badan sepeda, daann.. viola! Kunci sepeda akan terlepas dengan otomatis. Dengan membayar biaya

abonemen lima Euro setahun, pelanggan berhak meminjam dua dari 1.650 sepeda yang disediakan oleh pemerintah Hamburg ini.

Biaya

Berspeda Nyaman Dan Mura dengan Stadtrad Hamburg
© StadtRAD Hamburg

Di website tempat pendaftaran juga dijelaskan tentang sistem biaya peminjaman sepeda, yaitu maksimal 12 Euro untuk peminjaman selama satu hari dan atau enam sampai delapan sen per menit setelah menit ke-31, tergantung apakah itu menggunakan tarif normal, HVV, atau BahnCard. Kalau begitu, peminjaman menit pertama sampai ke-30 tidak dipungut biaya? Benar sekali! Gratis!

Dikasi waktu 30 Menit

Biasanya, pelanggan menyisati waktu 30 menit ini dengan mengendari sepeda selama malsimal 30 menit, lalu meminjam sepeda dengan nomor lain di stasiun peminjaman Stadtrad, setelah sebelumnya mengembalikan sepeda yang mereka baru saja gunakan. Begitu seterusnya sampai puas, eh, sampai tiba di tujuan. Stasiun peminjaman sepeda sangat mudah ditemui di stasiun kereta api, pemukiman-pemukinan penduduk, pusat kota seperti daerah Jungfernstieg, tempat wisata seperti pelabuhan Hamburg atau Landungsbrücken, kampus Uni Hamburg, dan sebagainya.

Sepedanya sendiri sudah dilengkapi …

…dengan lampu depan belakang, bel, gigi yang bisa diubah sampai nomor tujuh dan sadel yang bisa dinaik dan turunkan dengan mudah. Saya yang kecil mungil ini saja bisa kok menggunakannya, setelah sadel diturunkan serendah mungkin. Di bagian belakang sepeda terdapat tempat meletakan barang yang dilengkapi dengan tali karet, namun sayangnya tidak tertutup di bagian samping. Pernah suatu waktu tas saya harus jatuh, karena merosot dari samping.

Pelanggan yang sudah terdaftar bisa menggunakan keanggotaannya untuk bersepeda di kota lain di seluruh Jerman yang memiliki fasilitas Call a Bike, karena itu tidak salah teman saya bilang, bahwa saya memiliki sepeda di mana-mana di seluruh Jerman.

Apakah teman-teman juga suka bersepeda? Untuk sekedar jalan-jalan saja atau sebagai alat transportasi?

© Mariska Ajeng Harini / waytooindo

Tentang penulis:

Mariska Ajeng lahir dan besar di Tangerang, menyelesaikan pendidikan di salah satu perguruan tinggi negeri di Bandung, dan sekarang menetap di Hamburg untuk meneruskan kuliah. Tinggal di Jerman sejak tahun 2010. Menulis blog sudah ditekuninya sejak masih kuliah di Bandung dan sekarang juga menulis tentang pengalamannya tinggal di Jerman di blog pribadinya: mariskaajeng.wordpress.com.

 +++ Ikuti Ajeng juga di Instagram +++

 


Kalau kamu suka dengan artikel ini dan kamu ingin lebih tahu tentang Jerman ikuti juga waytooindo di Facebook dan Instagram.

3 comments

    • Anna says:

      Jangan malas, kalau sudah jadi mendomain asik banget naik sepeda ke mana2 di Hamburg saja 🙂
      Sama dengan di kota2 lain, misalnya di Lüneburg juga memakai domain yg sama.
      Selamat bersepeda!

Schreibe einen Kommentar

Deine E-Mail-Adresse wird nicht veröffentlicht. Erforderliche Felder sind mit * markiert.