Home > Syarat Ausbildung: Persyaratan Untuk Mendaftar Ausbildung Di Jerman

syarat-ausbildung-jerman
©unknown / Unsplash

Syarat Ausbildung: Persyaratan Untuk Mendaftar Ausbildung Di Jerman

Artikel ini adalah tentang pengalaman dan syarat Ausbildung untuk mendaftar sistem di Jerman supaya kamu akan diterima.

Halo teman-teman! Seperti yang sudah aku janjikan, kali ini aku kembali mengulas tentang Ausbildung di Jerman Bagian 2. Sebelumnya maaf yaa… Baru bisa posting sekarang. Temanya kali ini adalah persyaratan untuk mendaftar Ausbildung di Jerman.

Apakah orang Indonesia bisa mendaftar Ausbildung di Jerman?

Banyak orang bilang bahwa orang Indonesia nggak bisa Ausbildung di Jerman. Kalau ditanya kenapa, nggak ada yang bisa jawab. Menurut aku anggapan itu SALAH. Orang Indonesia juga bisa kok Ausbildung di Jerman. Banyak bukti nyata yang sedang bahkan yang sudah lulus dari Ausbildung. Buat kamu yang tertarik, berikut syarat-syarat yang harus kamu penuhi. Syarat klasik pertama adalah izin tinggal alias visa. Kamu bisa mengajukan permohonan visa di Kedutaan Besar Jerman di Jakarta atau buat kamu yang sudah berada di Jerman, langsung di kantor Imigrasi setempat. Untuk mengajukan visa, tentunya ada persyaratan yang harus kamu penuhi, diantaranya:

Ada Dua Pilihan

  • Kamu diterima Ausbildung di sebuah perusahaan di Jerman (kontrak Ausbildung terlampir), dan
  • Permohonan izin Ausbildung mu disetujui oleh Bundesagentur für Arbeit (Badan Ketenagakerjaan*)

Perbedaan: Sistem duale vs. schulsiche Ausbildung

Tergantung apakah kamu mengajukan permohonan visa untuk sistem duale-Ausbildung atau sistem schulische Ausbildung, kamu juga harus melampirkan jaminan finansial, untuk jaminan bahwa kamu bisa menanggung biaya hidupmu di Jerman. Syarat ini sangat penting, terutama kalau kamu ingin mengajukan visa untuk program schulische Ausbildung, karena selama mengikuti schulische Ausbildung kamu nggak mendapatkan gaji.

Lain ceritanya dalam pengajuan visa untuk sistem duale-Ausbildung. Kamu belum tentu harus melampirkan bukti keuangan. Harus nggak harusnya tergantung dari gaji yang tertera di kontrak Ausbildung yang kamu punya. Kalau gaji netto bulanan kamu dirasa cukup untuk menanggung biaya hidup selama sebulan di Jerman oleh pihak kedutaan atau kantor imigrasi, maka kamu nggak akan diminta menunjukkan jaminan finansial. Berapa tepatnya gaji netto minimal yang harus kamu punya, aku sayangnya kurang tahu. Mungkin sekitar €600 netto/bulan.

Sangat penting: Visa, Sertifikat Bahasa Jerman, Lamaran Kerja lengkap dengan surat motivasi

Syarat lain yang harus kamu penuhi untuk pengajuan visa, bisa kamu lihat di website Kedutaan Besar Jerman di Jakarta atau di kantor imigrasi setempat di Jerman.

Syarat berikutnya yang nggak kalah penting dari visa adalah kemampuan berbahasa Jerman. Kamu harus bisa membuktikan bahwa kamu bisa berbahasa Jerman, karena bahasa yang dipakai baik di kantor maupun di sekolah adalah bahasa Jerman, termasuk juga semua ujian yang harus kamu tulis di sekolah. Semuanya dalam bahasa Jerman (kecuali pelajaran dan ujian bahasa Inggris tentunya!).
Selain itu untuk mendapatkan tempat Ausbildung kamu pun harus menulis lamaran seperti lamaran kerja lengkap dengan surat motivasi yang semuanya dalam bahasa Jerman. Beberapa perusahaan bahkan meminta lampiran sertifikat bahasa Jerman level tertentu sebagai persyaratan Ausbildung.

Jangan lupa syarat lain …

Syarat-syarat lain yang harus kamu penuhi untuk mendaftar Ausbildung seperti misalnya pengalaman kerja atau praktikum di bidang tersebut atau ketentuan tingat pendidikan tertentu, sangat bervariasi. Itu semua tergantung bidang apa yang kamu minati dan di perusahaan mana kamu ingin mendaftar.

*Begitu kamu diterima Ausbildung di sebuah perusahaan di Jerman, perusahaan ini akan mengirimkan permohonan ke Badan ketenagakerjaan. Bersamaan dengan itu, pihak imigrasi atau kedutaan besar jerman akan menjalin kontak dengan badan ketenagakerjaan perihal izin tsb.

Segitu dulu artikel tentang Ausbildungnya… kalau kamu masih ada pertanyaan seputar Ausbildung, kamu bisa tulis pertanyaannya di kolom Komentar dan akan aku jawab sebisa dan secepat mungkin 🙂
Salam, Theresia

Sumber Informasi: Make It In Germany

© Theresia Citra / waytooindo


Tentang pengarang:
Hallo, namaku Theresia Citra Ardiati.Kamu boleh panggil aku Theresia, atau Citra. Aku lahir dan besar di Yogyakarta, Indonesia. Setelah lulus dari jurusan bahasa SMA Stella duce 1 Yogyakarta tahun 2010, aku memutuskan untuk melanjutkan belajar bahasa Jerman langsung di Jerman. And here I am.. berawal dari Aupair, lalu coba-coba cari alternativ lain untuk kuliah dan sampai akhirnya aku mendaftar Ausbildung sebagai geriatric-nurse. Saat ini aku tinggal di Hamburg dan menjalani tahun terakhirku di Ausbildung.
+++ Ikuti Citra juga di Instagram +++

 


Kalau kamu suka dengan artikel ini dan kamu ingin lebih tahu tentang Jerman ikuti juga waytooindo di Facebook dan Instagram.

33 comments

  1. Cista says:

    Hallo Citra!
    Aku mau nanya, kamu waktu daftar ausbildung persyaratannya apa aja? Perlu abitur gak sich? Makasih yaaa
    ?

    • mm

      Hallo Cista,
      perlu nggaknya Abitur tergantung juga dari jurusan Ausbildungnya. Jadi bisa dibilang, persyaratan Ausbildung itu bisa macam-macam. Seperti yang sudah ditulis di artikel, syarat umumnya untuk Ausländer tentunya harus fasih berbahasa Jerman dan punya Aufenthaltsgenehmigung.

      Salam, Theresia

    • Vhyni Alexander says:

      Hallo citra mau tanya mengikuti ausbildung biaya sekolahnya sekitar brpa yah atau free ? Trus kalau tahun ajaran baru di mulai bulan Agustus 2018, masukkan lamarannya paling lambat dari kapan yah ? Soalnya aku dapat info pendaftaran ausbildung dari indonesia…
      Terima kasih

  2. Marta Clarisa says:

    Hallo Theresia, mau nanya nih nama tempat Ausbildung qm yg di hamburg apa? Di Krankenhaus kah? Oiya ad batasan umur ga untuk apply Ausbildung? makasi ^^

    • mm

      Hallo Clarisa,
      aku Ausbildung di Seniorenpflegeheim Domicil di Hamburg. Beberapa Firma menentukan batas umur untuk Ausbildung. Untuk di bidang Pflege sendiri, aku kenal banyak orang yang umurnya 50+ saat mulai Ausbildung.. tentunya balik lagi ke kebijakan tiap Firma ya.. ada yang mau nerima, ada juga yang nggak 🙂

      • Marta Clarisa says:

        Hallo Theresia, makasi ud mau bales pesanku 🙂 oh iya? Klo boleh tau apa nama Ausbildung dan firma yg menerima usia 50+? Mungkin ga ya org indo ikut Ausbildung dgn umur 50+? Soalnya ibu pgn tinggal dsni sm aku di jerman, hehe makasi infonya ya, Salam, Clarisa

        • mm

          Hallo Clarisa,
          untuk nama Firmanya sayang aku kurang tahu, tapi kalau memang mau coba, bisa ditanyakan per telefon atau email apakah ada batasan usia untuk daftar Ausbildung di Firma tsb.
          Peluang di bidang Pflege bisa jadi lebih besar daripada di bidang yang lain, karena tenaganya lagi banyak dibutuhkan.
          Salam, Theresia.

  3. khaira says:

    hallo theresia
    aku khaira
    sekarang lgi jalani sebagai aupair di saarburg. niat jdi aupair jga karena ingin mengikuti ausbildung. kalau boleh tau, dimana yaa bisa cari info rumah sakit yang membuka ausbildung ? soalnya aku pingin ausbildung di rumah sakit..
    terima kasih..

  4. Bianca says:

    Hallo Theresia,

    Saya bianca kmrin saya ikt aupair terus skrg lagi sprachkurs, rencana sih emang kepingin buat Ausbildung tp di bidang perhotelan di kota Hamburg juga, km ada kenalan yang ausbildung di bidang perhotelan gak? Thank you.

  5. Williem korah says:

    Hallo theresia
    Saya wily, tahun 2015 kemarin saya baru lulus sma, dan sekarang baru selesai kursus bahasa jerman b1.
    Prtnyaan nya, bisakah lulusan sma langsung Ausbildung ke Deutschland tanpa harus stk?
    Dan bagaimana cara daftar Ausbildungnya? Danke im Voraus

    • mm

      Hallo Alvia, nggak semua Perusahaan mensyaratkan level bahasa tertentu. Yang pasti harus lancar bahasa Jerman baca, tulis dan berbicara. KAlau bisa melampirkan Sertivikat Bahasa..dapat nilai plus. Semakin tinggi levelnya, maka semakin besar peluang untuk diterimanya.
      Salam, Theresia Citra

  6. Ana says:

    Hallo citra..waktu pertama ambil kursus bahsa di german..lembaga kursusnya apa ya tq
    Dan kalo dibawah 18 th,boleh didampingi orangtua gak

    • Anna says:

      Hi Irwanto,

      salam kenal. Si Theresia sedang sibuk belajar untuk ujian akhir sehingga lulus ausbildungya.
      Saya mau minta kamu langsung bertanya apa yang kamu ingin tahu di sini supaya semua orang (yg mungkin mempuyai pertayaan sama) bisa membaca balasanya.
      Kalau kamu ingin memilih opsi mengontak kurang umum/lebih pribadi, kamu bisa langsung mengirim pesan lewat WAYTOOINDO di FB:
      https://www.facebook.com/waytooindo/

      Salam hangat, Anna

  7. Marcella Patricia says:

    Halooo,

    Aku skrg lg aupair juga nih ga jauh dari Hamburg. Baru 3 bulan disini hehe teris skrg lg baca2 dan cari2 tahu tentang apa yg mau dilakukan setelah Aupair, daaan nemu blog km. Inspiratif bgt sih hehe aku mau juga dong Ausbildung. Boleh minta alamat email kah? Aku ingin sekali sharing2 ttg rencana setelah Aupair sama kamu hehe dankeeee

    LG,
    Cella

  8. Sri Rosdiani says:

    Halo Theresia, saya Sri Rosdiani dari Berlin. Rencananya saya pengen ngambil ausbildung untuk erzieherin tahun depan. Saya udah lulus sarjana tahun kemarin.
    Teman saya bilang, kalo ausbildung itu agak ribet sama visanya.
    Mereka lebih nyaranin ngambil bachelor lagi, biar gampang ngurus visanya.
    Nah saya masih bingung.
    Pertanyaan saya: persyaratan mengurus visa ausbildung sama studi kurang lebih sama apa bagaimana?
    Lalu kalo ausbildung sebagai erzieherin, apakah saya mendapat gaji juga perbulan?
    Terima masih banyak untuk bantuannya. 🙂

  9. jeceline monica says:

    hallo ka theresia,

    aku baru lulus sma mei 2016 kemarin. nah aku sekarang sudah ada di jerman dengan visa sprachkurs/persiapan studi. nah tapi aku belum daftar ke stk mana pun. niatku pengen ambil ausbildung. kalau visaku visa persiapan studi, apa bisa? dan karna aku sudah punya speerkonto deutsche bank yang deposit 8640 euro, apa gapapa? terus aku mau ngirim bewerbung ke firma yang aku mau, tertulis lampiran yang harus dilampirkan hanya motivationsschreiben, lebenslauf,dll. apa berarti aku gaperlu untuk melampirkan nilai rapot/un/ijasah?

    terima kasih banyak!

  10. Raphael Kevin Sihaloho says:

    Sekedar informasi aja kak, sekarang syarat gaji minimal Ausbildung itu 650€ atau apabila kurang dari 650€ harus ada pernyataan dari pihak pemberi kerja

  11. valencia says:

    Halo… sy mau tnya.. sya masih sma.. tp sy udah ada rencana untuk study ke jerma n. sy tertarik di bidang culinary atau perhotelan.. setelah sy baca2.. sya tertarik ausbildung.. nah di atas sy baca syarat2nya.. dan ada syarat tentang pengalaman kerja. maksudnya spt apa ya kak?

Schreibe einen Kommentar

Deine E-Mail-Adresse wird nicht veröffentlicht. Erforderliche Felder sind mit * markiert.